Kesehatan (Health & Medicines)

Trypanophobia: Fobia Jarum Suntik

Ketakutan berlebihan akan jarum suntik bisa membawa dampak yang merugikan bagi tubuh. Demi menghindar dari hal ini, tak jarang orang tersebut menolak setiap kali akan melakukan pemeriksaan di praktek dokter atau dokter gigi.

Bayangkan jika hal ini terjadi pada pasien penderita diabetes yang harus rutin disuntik insulin! Bisa sampai ke dalam tahap membahayakan nyawanya sendiri.

Trypanophobia adalah Fobia atau ketakutan ekstrem terhadap prosedur medis yang melibatkan suntikan atau jarum suntik. Menurut penelitian, ada 22% orang di dunia yang takut dengan suntikan, seperti yang dikatakan oleh Joni Pangenkemper, kepala penanganan penyakit diabetes di Nebraska Medicine.

Penyebab paling dasar adalah rasa sakit yang ditimbulkan ketika jarum masuk menembus kulit dan daging. Paling umum juga disebabkan oleh trauma masa kecil. Sebelum disuntik, akan menunjukkan ciri-ciri kecemasan, panik, detak jantung cepat, dan tekanan darah naik. Lalu ketika penyuntikan, menimbulkan gejala pusing hingga pingsan akibat penurunan denyut jantung dan tekanan darah secara mendadak.

Berikut beberapa cara untuk meminimalisir hingga mengatasi Trypanophobia:

  • Terapi Kognitif

Terapi yang paling banyak dilakukan, yaitu dengan melatih pikiran kita untuk tidak takut lagi pada jarum.

  • Terapi Pemaparan

Mirip dengan terapi kognitif, tapi fokusnya untuk mengubah respon mental dan fisik terhadap rasa takut.

  • Terapi Pengobatan

Memberikan obat penenang karena sudah tidak dapat menerima psikoterapi apa pun akibat terlalu stress terhadap rasa takut akan jarum.

Ketakutan yang berlebihan akan berdampak pada ke-enggan-an seseorang untuk melakukan tindakan medis, termasuk vaksinasi COVID-19. Hal ini akan sangat merugikan, karena sebenarnya akan bermanfaat untuk keselamatan nyawa.

Trypanophobia juga menjadi persoalan vaksinasi COVID-19. Penelitian terbaru oleh American Journal of Infection Control yang melakukan survei terhadap 788 orang dewasa di Amerika, melaporkan bahwa rasa takut terhadap jarum suntik, jadi salah satu alasan bagi seseorang menolak vaksinasi COVID-19.

Kondisi ini tentu dapat menghambat proses pembentukan kekebalan kelompok atau herd immunity, sehingga membuat penyebaran virus tidak segera berkurang.

Apakah Sobat ApotekerKita di sini punya pengalaman pribadi yang berhasil melawan rasa takutnya ketika mau disuntik? Share tips and tricks nya di komen ya!


Sumber: hellosehat.com

Ditulis oleh: apt. Dian Rahma Bakti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s